RSS

SEJARAH DESA LINGGA WANA

13 Mei

Desa Lingga Wana menurut sebuah dokumen kuno yaitu berupa sebuah pemuder dan Awig – awig yang menyangkut Undang – undang peraturan yang mengikat anggota ada pada desa yang disebut dengan “Krettan Desa” yang ditulis dalam lempengan tembaga. Lempengan ini disimpan dan sangat pingit dimana isinya menceritakan             KI PASEK memerintah Desa Linggawana pada saat pemerintah Sira Dalem Beda Muka di Bedulu Bali. Ki Pasek memerintah dari keadaan Desa Linggawana yang amat tentram hingga akhirnya terjadi beberapa kali peperangan yang pada akhirnya Ki Pasek Lingga Wana kalah.

Namun setelah itu pemerintahannya dilanjutkan oleh 2 keturunan dari Ki Pasek yaitu Ki Pasek Jyesta dan Ki Pasek Taragil. Mereka membangun Parhyangan seperti Pura Puseh, Pura Desa, dan Pura Dalem yang dengan Desa Pakramannya menyelenggarakan aci – aci dan piodalan – piodalan.

Desa Lingga Wana sudah ada sejak isaka 1698 (Tahun 1776). Sejak ini Desa Pakraman Lingga Wana telah memiliki pemider desa. Desa Lingga Wana didukung oleh satu desa dinas dan satu banjar adat dan juga memiliki kahyangan tiga yaitu Pura Puseh, Pura Desa, dan Pura Dalem.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 13, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: